Oleh: taufikmjc | Februari 20, 2008

MEMBUAT FAX SERVER

waktu saya masuk kantor baru sih sebenarnya udah ada fax server yang diinstall sama IT lama sebelum aku, tapi pas saya masuk fax servernya rusak hardisk jebol karna lestrik memang gak stabil gak ada UPS juga neh servernya, akhirnya untuk sementara saya titpkan fakservernya di mail server, artinya satu langkah udah terlewati, karna untuk membangun fax server mail server (pop)nya harus jalan dulu, kalo jadi satu sama mail server kan udah beres tinggal intall n config fax modemnya aja. begini langkah2nya

1. Jadi pastikan dulu modem nya idup, biasanya konek serial com1
atau /dev/ttyS0 di linux nya. Test dulu ada modem disitu, bisa pake minicom (pake command AT), setserial. ok modem response…good
[root@fax-server] /]#
2. pastikan di /etc/inittab ada line berikut, langsung ditambah dari hylafax-server, entry ini artinya sw faxgetty akan langsung respon kalo ada fax masuk ke serial com1
# FaxGetty Entry
mo:2345:respawn:/usr/sbin/faxgetty ttyS0

3. Buat konfigurasi hylafax server nya simple pake command
[root@fax-server /]# faxsetup
akan ditanya bla-bla-bla…yang penting di masukin adalah CountryCode, AreaCode, FAXNumber. yang laen ok-ok aja, btw pilih ModemType: Class1, soalnya ini yang paling kompatibel dengan mesin fax lain. Aku pernah coba class2 eh gak mau masuk fax nya.
4. restart hylafax server
[root@fax-server /]# service hylafax-server restart
pastikan fax server nya jalan gak error
[root@fax-server etc]# faxstat
HylaFAX scheduler on fax-server: Running
Modem ttyS0 (3502120): Running and idle
ini faxserver nya udah jalan,

5. Install hylafax client, gimana cara nya ngirim fax…?
ada beberapa cara, bikin print to fax di server dan di sharing ke network, dan pake hylafax-client (sayangnya hanya untuk linux), akhir nya cara ini kayak nya paling mudah pake winprinthylafax http://winprinthylafax.sourceforge.net/
cara install nya silahkan lihat aja link itu, jadikan namanya print-fax, driver nya sama in aja dengan di situ, saya coba pake laserjet eh gak mau nembus, patokan nya printer driver nya harus postscript printer

6. perbaiki mail server postfix di fax-server, edit file /etc/postfix/mail.cf tambahkan entry myhostname = fax-server.patrakom.co.id, karena fax-server saya buat di dalam jaringan LAN, bukan di DMZ, dia tidak bisa terima email dari luar.

7. edit file /var/spool/fax/etc/hosts.hfaxd masukan localhost dan semua ip yang boleh ngirim fax

8. Edit file /var/spool/fax/etc/FaxDispatch buat supaya automatis ngirim mail ke taufik@bali.indo.com (ganti email anda), sebalumnya buat dulu email account faxmaster  ( taufik@bali.indo.com) setiap ada email masuk, dan type file nya pdf. bisa juga di set supaya kalo ada emil dari telp ini masuk ke email anu.

[root@fax-server etc]# cat /var/spool/fax/etc/FaxDispatch
SENDTO=taufik@bali.indo.com  #fax atomatis akan di kirim ke taufik@bali.indo.com

FILETYPE=pdf # type pdf file

Ok fax sekarang bisa di pake, fax udah bisa masuk ke email masterfax yangbisa di set ke account anda di kantor, moga bermanfaat.


Responses

  1. oke,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: