Oleh: taufikmjc | Agustus 30, 2007

Speedy, Firewall di Modem Huawei

Ini masalah dikantorku waktu Negosiasi kerjasama dengan pihak ISP tidak bisa diteruskan terpaksa kita migrasi koneksi ke Sppedy, sebenarnya udah ada modem dikantor Cuma selama ini tidak dimanfaatkan optimal karna memang Cuma sebagai backup Bandwidth dari Telkom, untuk mengcover Bandwidth staff kantor yang berjumlah kurang lebih 15 orang. aku daftarin ke Spedy ambil yang paket Office Unlimited Biaya registrasi Rp. 82.500 karna kena pajak tuh mestinya Cuma Rp.75.000, 4 jam setelah registrasi salesnya sendiri yang dateng ke kantor langsung dah Bandwidth (BW) aku Trial ke satu komputer dulu untuk mengetahui Rate Downloadnya, aku Coba Download Fedora Core 7 dan FC6, wuuushh lumayan kenceng banget tuh ratenya bisa sampai 40Kbs, yang pasti lebih baik lah dari koneksi kita sebelumnya yang Cuma dapet 16 Kbps maks karna memang BW 128KKbps, Setelah Download Selesai baru aku Coba di Jaringan, Begini Ceritanya tuing………!!!

 

ISP Ke Local

Tolpologi jaringan Lama, Waktu masih Konek ke ISP

Klik Pict

 

Speedy Ke Lokal

Saya Seting IP local modem sama dengan IP Public waktu Konek ke ISP, he.… gw males mau ganti IP di computer GateWay. jadi IP public dari ISP dulu saya jadikan IP Lokal sekarang. dan kita gak perlu repot2 seting IP lagi di computer Gw cukup ganti kabel aja dari Modem. Beres koneksi jalan

Kira2 begini neh sekarang Topologinya

Klik Pict

Seting Moden HUAWEI SmartAX880

Pertama saya coba seting Modemnya sebagai Router dengan IP seperti gambar diatas, berikut konfigurasinya Setelah modem berhasil di remote, untuk Modem Huawei yang saya pakai mempunyai IP Default 192.168.1.1, seting aja computer client dengan IP 192.168.1.x (x=selain 1) dan netmask 255.255.255.0 Gatewaynya ke 192.168.1.1, dengan memakai kabel UTP (he.. jangan Rafia ya) di browser buka aja 192.168.1.1 ini dia hasilnya tuing…

Di menu bagian kiri banyak sekali tuh fitur dari modem ini, tinggal seting aja apa yang di butuhkan. mau dijadikan apa Modem ini silahkan pilih Mode Routing ato Bridge, saya pilih yang Routing karna memang saya butuh, masukkan Servis Name, User Name dan Passwrd yang diberikan telkom.

untuk LAN saya seting IP Public jaringan lama sehingga tar jadi IP local GW saya biar gak ganti IP huekek…. Males ganti…. Kalo mau seting DHCP Server Silahkan tapi pada kali ini saya tidak membutuhkannya karma di Gateway saya sudah ada DHCPnya.

 

Langsung aja ke seting NAT

Supaya server mail saya yang mempunyai iplocal bisa nerima email maka port 25 (smtp) dan 110 (pop3) saya forward ke IP 203.84.xx.xx3, karna di GW tersebut sudah ada rule Firewall yang memforward port 25 dan 110 ke 10.0.x.xA1 ( ip mail server) (lihat gambar)

 


 

klik di Port Mapping Set, akan muncul spt ini

masukkan port yang anda ingin forward ke IP mail server anda, karna jaringan saya server mail di bawahnya GW jadi saya fordward dulu portnya ke IP GW saya dan di GW saya sudah ada Firewall lagi untuk Forward port ke server mail, nah jarignan udah siap tuh, eh jangan lupa ganti Domain Resolvnya ke DNS Speedy ya! Kalo aku di Bali Domainnya ke 91.94.192.166.47,202.134.0.155 dan 202.134.1.10

 

He trima kasih telah membaca kalo ada salah atau kurang atau ada yang mau ditanyakan silahkan di Coment aja atau YM ayah_060606@yahoo.com

untuk tambahan referensi neh blognya mas nanang ngebahas Firewall

http://diqie.wordpress.com/2007/05/18/16/

Whois, Ping, Port Scanner, NSlookup and Traceroute Online Server Tools (http://www.t1shopper.com/tools)

 

 


Responses

  1. i want know about how to connect internet in a network computers or hub


Tinggalkan Balasan

Kategori

