Oleh: taufikmjc | Juli 30, 2007

CEO dan SEO

Anda tentu tahu apa itu CEO, CIO, CFO, atau CMO, jabatan idaman banyak eksekutif. Cuma, apakah Anda tahu apa itu SEO? Pada era global ini, seorang CEO harus menerapkan SEO.

 

Mengapa SEO?
SEO adalah search engine optimization. Ia merupakan keahlian advertising untuk mengoptimalisasi halaman-halaman web guna membantu penjualan.  Visibilitas SEO meningkat karena adanya direktori bisnis di internet. Maka, SEO akan menjadi komoditas penting dan dapat menghasilkan revenue dalam waktu yang sangat singkat (short-term).

Penerapan SEO memiliki tingkat return on investment (ROI) yang baik. Ia juga salah satu taktik untuk memenangkan bisnis lokal lewat media global (think local, go global).

Sebagai taktik pemasaran strategis, SEO banyak diterapkan pebisnis berbasis web maupun promosi online. Siapa yang sudah terkoneksi ke internet dan tak menggunakan situs pencari untuk mencari informasi? Penggunaan situs pencari merupakan aktivitas tersibuk setelah e-mail dan browsing. Alangkah sedapnya jika produk Anda muncul di halaman pertama setelah calon pelanggan mengaisnya lewat situs pencari.

Memang, bisnis yang dapat dilihat lewat kotak berukuran 15—21 inci sangat miniatur jika dibandingkan dengan standar perkantoran modern secara fisik. Namun, ukuran bukan intinya. Sebab, kotak kecil itu dapat menjadi jendela peluang yang belum pernah para pebisnis bayangkan sebelumnya.

Salah satu karakteristik ekonomi online adalah fakta bahwa internet telah menjadi ruang bersama oleh lebih dari 1/4 populasi planet bumi. Ini sekaligus memungkinkan terciptanya lingkungan yang berisi informasi yang dapat dikirim transbenua.

Berbisnis di era ekonomi internet, ilustrasinya begini. Internet adalah marketplace, ruang di mana kita bisa berbisnis. Forum online-nya bak ruang pamer, mirip dengan berkumpulnya para pedagang di mal-mal. Walau bisnis dotcom sempat crash, kini pemenangnya terus bertambah dan internet menjadi salah satu sektor yang paling cepat perkembangannya. Ia menjadi jalur utama para pengusaha muda untuk go global dan bahkan get local sales.

Namun, seiring perkembangan dotcom, internet sebagai marketplace pun menjadi makin rumit. Mereka yang berhasil adalah yang memiliki spesialisasi, keunikan mikro (niche), dan menerapkan strategi outsourcing.

Lihat saja kasus perusahaan-perusahaan web design yang sukses di Tanah Air. Mereka lebih baik berpaling ke pihak ketiga untuk menyediakan shopping cart yang dapat dikustomisasi untuk kliennya ketimbang harus mengembangkannya sendiri. Waktu yang ada lebih baik mereka gunakan untuk melakukan pemasaran. Pihak ketiga ini bisa perusahaan atau individu yang dapat memberikan jasa SEO kepada vendor pertama. Jasa SEO ini makin berkembang di Indonesia, khususnya untuk CEO yang masih berusia 30-an tahun. Jadi,  antara perusahaan web design dan penyedia aplikasi web atau perusahaan yang menyediakan jasa SEO sama-sama mendapatkan manfaat dari hubungan resiprokal yang baik serta bertahan sekarang dan di masa depan.

SEO, Sales Tool Online No. 1
Perusahaan apa saja yang berhasil meningkatkan penjualan dengan bujet iklan yang minim?

FoxElectricSupply.com
Ini adalah supermarket penyedia peralatan listrik yang memiliki tujuh gerai di AS—tiga di Pennsylvania dan empat di New Jersey. Dengan strategi SEO, supermarket ini berhasil menaikkan penjualan online-nya. Supermarket ini memiliki lebih dari 11.000 produk. Setelah eksekutifnya, Bruce Fox dan Jonathan Fox, menerapkan taktik gerilya online dengan SEO, penjualan online-nya naik hingga lebih dari 300% per hari. Ini karena semula hanya 100 produk yang diindeks Google, tetapi setelah menerapkan SEO menjadi seluruh produk yang diindeks. Jadi, 400% penjualan per bulan dapat diraih hanya lewat situs web-nya, belum termasuk penjualan di gerai-gerai.

Salvatore-Espresso.com
Ini perusahaan penjual mesin dan aksesori mesin pembuat kopi espresso/cappuccino di California. Membidik para pelanggan yang ingin membeli mesin-mesin espresso, Salvatore-Espresso.com menjadi salah satu pemain dengan bujet promosi yang minim. Strategi SEO-nya adalah dengan membidik satu atau dua kata yang mewakili mesin-mesin yang mereka jual, seperti espresso grinders, espresso machines, espresso catering carts, cappuccino machines, dan sejenisnya. Frase kompetitif ini menempatkan mereka dalam kelompok 10 besar di halaman pertama dari direktori bisnis atau situs pencari utama dunia.

MediaRecover.com
Mereka menerapkan strategi SEO dalam membantu menjual software recovery untuk data multimedia yang rusak. Data itu bisa disimpan di kamera digital dan hard disk, SmartMedia, CompactFlash, Memory Stick, MicroDrive, PCMCIA, PC Card, MultiMediaCard, Secure Digital Memory Card, zip disk, floppy disk, hard drives, dan media penyimpan lain. Perangkat lunak ini sanggup memulihkan file-file yang terhapus secara tidak disengaja atau sengaja. Peningkatan penjualan MediaRecover karena mereka mampu memilih kata atau frase yang mewakili produk mereka dan memiliki probabilitas sangat tinggi pada waktu dicari oleh calon pembeli, seperti digital photo recovery, photo recovery, image recovery, image recovery software.

Mengapa CEO Indonesia Harus Melakukan SEO?
Siapa dan perusahaan apa saja di Tanah Air yang mendapatkan keuntungan finansial karena memastikan produknya muncul di halaman pertama dari situs pencari?

Sebenarnya ada banyak kisah sukses dari individu atau korporasi, yang saya kenal secara pribadi, karena memanfaatkan media global untuk menjaring pelanggan lokal. Saya tidak bisa menyebutkan satu per satu karena terkait masalah publisitas.

Menurut ActivMedia Research, jika produk Anda ditaruh di web perusahaan dan muncul secara alami (Lihat kolom saya tentang organic listing advertising di majalah ini), itu telah menjadi metode promosi No. 1 yang digunakan oleh web e-commerce. Namun, menurut saya, situs pencari adalah wiraniaga No. 1 pada era ekonomi internet, baik untuk 2005 maupun tahun-tahun mendatang.

Kalau suatu situs web korporat belum bisa membantu menuai penjualan dan membangun online identity, maka banyak faktor teknis dan strategis yang terkait, terlepas dari mitos yang salah kaprah berkenaan implementasi SEO dan strategi online secara keseluruhan. Namun, satu hal, apakah Anda menyangsikan efektivitas Yellow Pages? Banyak perusahaan berani membelanjakan uangnya agar perusahaan atau produk mereka di-listing di situ. Jika Anda setuju dengan efektivitas Yellow Pages, yang tebal dan sulit dibawa ke mana-mana, Anda mestinya setuju: CEO Indonesia harus menerapkan  taktik gerilya SEO menjelang akhir 2005.


Responses

  1. boleh ya saya kutip tulisannya untuk bahan artikel di maljalah perusahaan saya.
    thx before.

  2. Boleh, ini siapa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: